-->

Pengolahan Tanah Sebelum Menanam Padi












Pengolahan tanah untuk penanaman padi harus sudah disiapkan sejak dua bulan sebelum penanaman. Pelaksanaannya dapat dilakukan dengan dua macam cara yaitu dengan cara tradisional dan cara modern.
  1. Pengolahan tanah sawah dengan cara tradisional, yaitu pengolahan tanah sawah yang dilakukan dengan alat-alat sederhana seperti sabit, cangkul, bajak dan garu yang semuanya dikerjakan oleh manusia atau dibantu oleh binatang misalnya kerbau atau sapi.
  2. Pengolahan tanah sawah dengan cara modern yaitu pengolahan tanah sawah yang dilakukan dengan mesin. Dengan traktor dan alat-alat pengolah tanah yang serba dapat bekerja sendiri

Pengolahan tanah sawah yang dilakukan secara tradisional meliputi pembersihan, pencangkulan, pembajakan, dan penggaruan. (Sugeng HR,2001) Pengolahan tanah sebelum tanam juga bertujuan untuk sirkulasi udara dalam tanah, yaitu membuang gas beracun dan menyerap oksigen.

Ditambahkan lagi oleh Hasanaji, 2009, bahwa sawah yang sudah selesai dipanen jerami atau daun padi bekas panen hendaknya jangan dibakar atau dibuang biarkan lapuk di sawah (lahan) karena ini bisa dijadikan kompos.

Lahan sudah dibajak diratakan dan dipetak-petak agar kita lebih mudah mengontrol airnya, Lahan diratakan dan usahakan air sawah itu hanya berada di petak, garislah lahan dengan ukuran jarak garis 35 cm, Dua hari sebelum tanam lahan di taburi pupuk sebaiknya pupuk yang dipakai adalah pupuk.




Artikel Terkait

0 Response to "Pengolahan Tanah Sebelum Menanam Padi"

Posting Komentar