-->

Penyakit VSD (Vascular Streak Dieback)

Penyakit VSD disebabkan oleh O. theobromae, yang dapat menyerang di pembibitan sampai tanaman dewasa.
Gejala tanaman terserang, daun-daun menguning lebih awal dari waktu yang sebenarnya dengan bercak berwarna hijau, dan gugur sehingga terdapat ranting tanpa daun (ompong). Bila permukaan bekas menempelnya daun diiris tipis, akan terlihat gejala bintik 3 kecoklatan. Permukaan kulir ranting kasar dan belang, bila diiris memanjang tampak jaringan pembuluh kayu yang rusak berupa garis-garis kecil (streak) berwarna kecoklatan.

Penyebaran penyakit melalui spora yang terbawa angin dan bahan vegetative tanaman. Perkembangan penyakit dipengaruhi oleh kelembapan. Embun dan cuaca basah membantu perkecambahan spora. Pelepasan dan penyebaran spora sangat dipengaruhi oleh cahaya gelap.

-   Pengendalian penyakit dengan memotong ranting/cabang terserang sampai 30 cm pada bagian yang masih sehat kemudian dipupuk NPK 1,5 kali dosis anjuran.
-  Pemangkasan bentuk yang sekaligus mengurangi kelembapan dan memberikan sinar matahari yang cukup. Pemangkasan dilakukan pada saat selesai panen sebelum muncul flush.
-   Parit draenase dibuat untuk menghindari genangan air dalam kebun pada musim hujan.
-  Untuk pencegahan, tidak menggunakan bahan tanaman kakao dari kebun terserang VSD, dan menanam klon kakao yang tahan atau toleran terhadap VSD.

0 Response to "Penyakit VSD (Vascular Streak Dieback)"

Posting Komentar