-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Mindi (Melia azedarach)

Klasifikasi :
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Rutales
Suku : Meliacea
Marga :Melia
Jenis : Melia azedarach

Nama Indonesia : Mindi.

Nama Inggris : Chinaberry, Persian lilac, pride of India.

Diskripsi tanaman: Pohon berumah dua yang tingginya mencapai 45 m, garis tengah batang dapat berukuran 60 - 120 cm. Kulit batang berwarna coklat keabuan, bertekstur halus, berlentisel, semakin tua kulit akan pecah atau bersisik. 

Daun majemuk menyirip ganda dua namun terkadang melingkar atau sebagian daun menyirip ganda tiga, berhadapan, berlentisel, berbentuk bulat telur hingga jorong, pangkal daun berbentuk runcing hingga membulat, tepi daun rata sampai bergerigi. Perbungaan muncul dari bagian aksiler daun- daun, daun penumpu berbentuk benang, bunga-bunga berwarna keunguan, berbau harum. 

Buah berupa buah batu, berbentuk jorong-bundar, berwarna kuning kecoklatan ketika ranum, permukaannya halus, mengandung 5 biji. Biji berbentuk memanjang, berukuran panjang 3,5 mm dan lebar 1,6 mm, berwarna coklat.

Distribusi/penyebaran : M. azedarach merupakan pohon dengan distribusi luas, yang mencakup wilayah tropis, subtropis dan iklim sedang, dan diperkirakan berasal kawasan Asia Selatan (India dan Burma). 

Spesies ini ditemukan tumbuh liar di kaki bukit Himalaya di India dan Pakistan pada ketinggian 700-1000 m, tersebar luas di Cina, hingga kawasan Malesia, kepulauan Solomon serta Australia bagian utara dan timur. Di Indonesia, mindi banyak di tanam di daerah Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara dan Papua.

Habitat : M. azedarach merupakan tumbuhan yang memiliki adaptasi tinggi dan toleran dengan berbagai kondisi lingkungan yang beragam. Jenis ini tumbuh pada tempat-tempat dengan rata-rata suhu maksimum dan minimum per tahun, berturut-turut 39°C dan -5°C. 

Umumnya tumbuhan ini tumbuh dari ketinggian 0-1200 m dpl, dan di pegunungan Himalaya tumbuh pada ketinggian 1800-2200 m dpl. Curah hujan tahunan di habitat alaminya berkisar antara 600- 2000 mm. Di Afrika, jenis tumbuhan ini ditanam sebagai pohon pelindung yang toleran terhadap kekeringan. M. azedarach tersebar luas di daerah-daerah kering di bagian selatan dan barat daya Amerika Serikat, yang memiliki curah hujan kurang dari 600 mm.  

M. azedarach dapat tumbuh pada tanah-tanah berkadar garam, tanah dengan pH basa kuat, tapi tidak terlalu asam. Jenis ini juga dapat tumbuh pada tanah-tanah miskin hara, tanah marjinal, tanah miring, dan tanah berbatu atau pada tebing curam berbatu.

Kandungan kimia : Daun, buah dan biji M. azedarach mengandung saponin, flavonoida dan polifenol. Selain itu daun dan buahnya mengandung alkaloida.

Kegunaan lain : Di Asia Tenggara, M. azedarach umumnya ditanam sebagai penghasil kayu bakar, sebagai pohon-pohon peneduh di areal pertanian kopi dan abaca (Musa textilis Née) serta pohon-pohon di pinggir jalan. Di Asia Selatan, jenis tumbuhan ini dikenal karena ada kegunaan obat yang dikandung senyawanya, seperti berkegunaan anti malaria dan obat penyakit kulit.

Ekstrak daun dengan air atau akohol dapat mengontrol berbagai jenis hama serangga dan nematoda. Senyawa aktif yang dikandung antara lain margosin (sangat beracun bagi manusia), glikosida flavonoid dan aglikon. Daun dan biji mindi telah dilaporkan dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Ekstrak daun mindi dapat digunakan pula sebagai bahan untuk mengendalikan hama termasuk belalang.

Kayu  M. azedarach yang berwarna putih juga digunakan sebagai bahan manufaktur, perkakas, bahan bangunan yang baik karena memiliki sifat anti rayap.

Bersama tegakan sengon (Paraserianthes falcataria) dan mangium (Acasia mangium), tumbuhan ini mampu memulihkan lahan-lahan kritis atau bekas tambang.

Cara kerja :
1. Penolak (repellent)
2. Penghambat aktivitas makan (antifeedant)
3. Menghambat pembentukan telur
4. Menghambat perkembangan serangga
5. Racun perut dan racun kontak
6. Bersifat sebagai insektisida, bakterisida, nematisida dan fungisida

Khasiat lain : Mindi dapat dimanfaatkan pula untuk obat malaria, penyakit kulit, diare.


(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

3 Responses to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Mindi (Melia azedarach)"

  1. maaf boleh saya minta jurnal yang menyatakan kandungan daripada biji mindi itu sendiri boleh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf gan., saya tidak punya jurnalnya., coba bertanya di blog sebelah saja., terima kasih atas kunjungannya.. :)

      Hapus
  2. Maaf brow,
    Komposisinya gemana
    Jumlah biji dan campuran air yang digunakan ??

    BalasHapus