-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Paku ekor kuda (Equisetum arvense)


Klasifikasi :
Divisi : Sphenophyta
Kelas : Equisetopsida
Bangsa : Equisetales
Suku : Equisetaceae
Marga : Equisetum
Jenis : Equisetum arvense

Nama daerah : Rumput betung (Melayu), tataropongan (Sunda), petongan (Jawa).

Nama Inggris : Horse Tail.

Nama umum : Paku ekor kuda.

Ciri – Ciri : Tumbuhan yang bersifat tahunan, berukuran kecil dengan tinggi 0,2-1.5 m. Batang beruas-ruas dan tegak lurus berbentuk bulat. Tumbuhan ini tidak memiliki bunga, namun pada ujung batangnya terdapat suatu badan yang berbentuk gada atau kerucut. 

Hal ini disebabkan oleh sporofil yang mengumpul pada ujung batang. Daun,  tersusun dalam suatu karangan yang terdapat pada ruas-ruas batang. Daunnya kecil seperti sisik,  bentuknya meruncing. 

Daun-daunnya berlekatan pada bagian bawah membentuk suatu  sarung yang menyelubungi pangkal ruas-ruas batang, memeluk batang.Tepi daunnya rata dengan tulang daunnya yang sejajar.  Akar merayap dalam tanah.

Penyebaran : Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tropik.

Habitat : Tumbuhan ini hidup pada tempat yang lembab, basah, dan berpasir. Namun,ada sebagian yang hidup di darat dan di rawa-rawa Kandungan kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini antara lain adalah saponin, alkaloid dan flavonoid. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Cara kerja : Bersifat sebagai insektisida Khasiat lain dari tumbuhan ini adalah untul diuretik.


(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

1 Response to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Paku ekor kuda (Equisetum arvense) "