-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Selasih ( Ocimum bacilicum L )

Klasifikasi :
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Solanales
Suku : Labiatae
Marga :Ocimum
Jenis : Ocimum bacilicum L.

Nama Indonesia : Selasih.

Nama daerah : Solanis (Sunda), Selasih (Jawa Tengah), Amping (Minahasa).

Nama Inggris : Sweet Basil, French Basil.

Diskripsi tanaman: Tanaman semak semusim dengan tinggi antara 80 – 100 cm. Batang berkayu segi empat, berbulu berwarna kecoklatan. Daun tunggal bulat lancip, tepi bergerigi,  panjang daun 4 – 5 cm dan lebar 6 – 30 mm. Bunga berwarna putih atau ungu. 

Tanaman dapat tumbuh di ladang atau di tempat terbuka lainnya. Bunganya terdapat di bagian ujung batang dan dahan pokok.  Ke seluruhan bagian tumbuhan boleh mengeluarkan bau yang sangat beraroma. Biji keras, berbentuk bulat telur, diameter ± 1 mm, dan berwarna hitam. Akar tunggang berwarna putih kotor.

Distribusi/penyebaran : Tumbuhan ini berasal dari kawasan tropika dan daerah  tropika benua Asia, Afrika dan Amerika Tengah serta Selatan dan banyak ditemukan di daerah dengan ketinggian 1800 m dpl.

Habitat : Tanaman selasih telah berabad-abad lamanya berada di Indonesia dan ditanam di kawasan pekarangan untuk digunakan sendiri.

Kandungan kimia : Selasih mengandung minyak atsiri, saponin, flavanoid, tanin dan senyawa geranoil, methyl eugenol (ME), linalol serta senyawa lain yang mudah menguap. Minyak selasih dilaporkan mengandung ME > 65 %.

OPT sasaran : Lalat buah (Bactrocera dorsalis).

Khasiat lain : Daun Ocimum basilicum berguna sebagai peluruh kentut, peluruh haid, peluruh air susu ibu, obat demam, obat sariawan dan obat mual. Bijinya berguna sebagai obat kencing nanah.


(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Selasih ( Ocimum bacilicum L ) "

Posting Komentar