-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Senopodii (Chenopodium ambroioides)

Klasifikasi :
Divisi : Spermatopyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Caryophylales
Suku : Chenopodiacea
Marga : Chenopodium
Jenis : Chenopodium ambrosioides

Nama umum : Senopodii.

Nama daerah : Senopidii.

Nama Inggris : Wormseed, mexican tea.

Sinonim : Ambrina ambrosioides, A. parvula, A. spathulata, Atriplex ambrosioides, Blitum ambrosioides, C. anthelminticum, C. integrifolium, C. spathulatum, C. suffruticosum.

Ciri – ciri : Perdu, tinggi ± 2 m. Batang  berkayu, bulat, beralur, bercabang, ungu. Daun tunggal, berseling, lanset, ujung dan pangkal meruncing, tepi bersegi, panjang 5-12 cm, lebar 1- 3,5 cm,  pertulangan menyirip, tangkai 3-10 mm, hijau. Bunga majemuk, bentuk tandan, di ketiak daun, putih. Buah kecil, panjang 5-9 mm, coklat. Biji bulat, kecil, coklat kehitaman. Akar tunggang, putih kekuningan.

Penyebaran : Tanaman ini berasal dari México Selatan dan Tengah, tapi sekarang merupakan tanaman yang umum di Eropa dan US.

Habitat : Tumbuh pada tanah yang kaya akan unsur hara.

Kandungan kimia : Senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan ini antara lain saponin, flavonoida, tanin dan minyak atsiri. Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Cara kerja : Penolak (repellent).

Khasiat lain : Senopodii berkhasiat juga sebagai obat cacing.


(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Senopodii (Chenopodium ambroioides) "

Posting Komentar