Mengenal Bunga Lily

Lily (Lilium sp.) merupakan salah satu tanaman bunga potong yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Warna menarik yang dimilikinya menempatkan bunga tersebut sebagai hiasan yang memikat bagi penggemarnya sepanjang masa. 

Lily di Indonesia dibudidayakan di daerah pegunungan dan dapat ditanam sepanjang tahun. Daerah penghasil bunga lily yang potensial saat ini adalah: Cipanas-Puncak, Sukabumi, Lembang dan Bogor.

Tuntutan akan kebutuhan bunga potong lily semakin meningkat, tetapi kebutuhan tersebut belum dapat dipenuhi oleh para produsen bunga potong di Indonesia. Untuk dapat menghasilkan kualitas bunga yang baik dibutuhkan kualitas bibit yang baik, serta teknik budi daya yang baik pula. 

Sampai saat ini, bibit lily masih diimpor dari negeri Belanda dengan harga yang cukup mahal, karena bibit lily belum ada atau belum banyak diprodiiksi di Indonesia. Dalam tulisan ini tidak dibahas tentang lily lokal (krek lily) karena waktu panennya sulit untuk diprediksi. 

Lily merupakan tanaman yang memiliki umbi sejati (bulb), bentuknya cawan yang dikelilingi oleh sisik. Sisik-sisik tersebut menyerupai lembaran yang berdaging dan dapat dipisahkan dengan mudah yang kemudian dapat ditumbuhkan menjadi tunas (tanaman baru). Cara seperti itu adalah salah satu jalan untuk memperbanyak tanaman lily. 

Tanaman lily dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu: lily asiatik, lily oriental, dan lily longiflorum. Lily asiatik yang biasa digunakan di Kebun Ciputri memiliki ukuran lingkar umbi 10-14 cm. Batang tanaman tegar, dengan panjang berkisar antara 50-100 cm. 

Daunnya melekat pada batang dan tumbuh berseiang-seling, bentuk daunnya lanset meruncing dan tidak bertangkai daun. Tandan bunga berada di ujung batang, terdiri dari 4-15 kuntum bunga per batang.

Bunga lily asiatik bermacam-macam warnanya, sesuai dengan jenisnya. Lily oriental yang biasa digunakan di Kebun Ciputri memiliki ukuran lingkar umbi 1418 cm. Tinggi tanaman bisa mencapai antara 50-85 cm. 

Daun lily oriental lebih besar dari lily asiatik. Setiap batang bunga mempunyai 2-6 kuntum bunga. Bunganya berbentuk seperti mangkuk, dan bila sudah mekar baunya harum. Lily longiflorum yang biasa digunakan di Kebun Ciputri mempunyai ukuran lingkar umbi 12-14 cm dan 14-16 cm. 

Batang tanaman tegar, tingginya antara 50-100 cm. Daunnya melengkung, lebih panjang dan lebih besar daripada daun lily asiatik. Bunganya berbentuk seperti terompet, dengan jumlah bunga 2-5 kuntum per tangkai.

0 Response to "Mengenal Bunga Lily"

Poskan Komentar

close
close