-->

Bahan Pembuat Pestiseda Nabati, Akar tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth)


Klasifikasi :
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Fabales
Suku : Fabaceae
Marga : Derris
Jenis : Derris elliptica (Wallich)Benth)

Nama daerah : Tuba laut ( Pantai Timur Sumatra ), Areuy ki tonggeret, Tuwa aweuy, Tuwa awewe (Sunda); Gadel, Ketower, Toweran (Jawa).

Nama umum : Tuba.

Nama Inggris : Derris, tuba root.

Ciri – ciri : Tuba merupakan tumbuhan merambat yang membelit dengan  tinggi 15 meter. Batangnya sebesar jari-jari tangan, tetapi ulet tidak  dapat diputuskan. Ranting tua berwarna coklat, dengan lentisel yang berbentuk jerawat. 

Dahan berwarna merah gelap. Bunga zygomorf, agak perigin, relatif besar dan dengan penampilan yang khas. Tandan bunga dengan sumbu yang berambut rapat, tangkai  dan anak tangkai 12-26 panjangnya, bunga tiga-tiga pada ujung  cabang samping. Daun kelopak biasanya 5, sebagian bersatu menjadi tabung. Tumbuhan ini mempunyai akar tunggang. 


Penyebaran : Derris ditemukan tumbuh secara liar mulai dari India sampai ke Irian Jaya, sedangkan di Afrika dan Amerika tropis telah dibudidayakan. Di Indonesia, derris terdapat hampir di seluruh wilayah nusantara.

Habitat : Tumbuhan ini banyak ditemukan di Jawa mulai dari dataran rendah sampai ketinggian 1500 m dpl. Derris tumbuh terpencar-pencar di tempat yang tidak begitu kering, di tepi hutan, di pinggir sungai atau dalam hutan belukar yang masih liar.

Kandungan kimia : Bahan kimia yang terkandung dalam dalam derris adalah rotenon, deguelin, elliptone dan toxicarol. Bagian tanaman yang digunakan adalah akar.

Cara kerja :
1. Derris berperan sebagai moluskisida, insektisida, akarisida, nematisida dan racun ikan. Rotenon merupakan racun berspektrum luas.
2. Sebagai racun perut dan kontak, menyebabkan serangga untuk berhenti makan.  Kematian serangga terjadi beberapa jam sampai beberapa hari setelah terkena rotenon.

Khasiat lain : Kegunaan lain dari derris adalah untuk racun ikan dan racun anak panah.

Sumber : Tumbuhan Bahan Pestiseda Nabati Dan Cara Pembuatannya Pdf


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestiseda Nabati, Akar tuba (Derris elliptica (Wallich) Benth) "

Posting Komentar