-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Pacar cina (Aglaia odorata Lour.)

Klasifikasi :
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa : Rutales
Suku : Meliaceae
Marga : Aglaia
Jenis : Aglaia odorata  Lour.

Nama daerah : Culan (Sunda), pacar cina (Sumatera), bunga maniran (Borneo), pacar culam (Maluku, Jawa).

Nama Inggris : Culan.

Nama Indonesia : Pacar cina.

Diskripsi tanaman : Perdu, tinggi 2 - 6 m, batang berkayu, bercabang banyak, tangkai berbintik-bintik hitam. Daun majemuk menyirip ganjil yang tumbuh berseling, anak daun 3 - 5. Anak daun bertangkai pendek, bentuk bundar telur sungsang, panjang 3 - 6 cm, lebar 1 - 3,5 cm, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, permukaan licin mengilap terutama daun muda. 

Bunga dalam malai rapat, panjangnya 5-16 cm, warna kuning, dan harum. Buah buni, bulat lonjong, warnanya merah,panjang 6-7 mm,dengan ruang 1-3, biji  berjumlah 1-3 buah.

Distribusi/penyebaran : Daerah penyebaran tumbuhan meliputi India, Cina bagian selatan, Laos, Asia Tenggara, Australia bagian utara dan kepulauan di Samudra Pasifik. Di Indonesia tumbuhan ini dapat ditemui tumbuh di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Bali dan Flores.

Habitat : Pacar cina sering ditanam di kebun dan pekarangan sebagai tanaman hias, atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup mendapat sinar matahari.

Kandungan kimia : Culan mengandung alkaloida, saponin, flavonoida, tanin, serta minyak atsiri. Pada daun A. odorata selain rokaglamida juga ditemukan dan tiga senyawa turunannya, yaitu desmetil- rokaglamida, metil rokaglat dan rokaglaol.

OPT sasaran : Tungau (Tetranychus urticae), ulat crop kubis (Crocidolomia pavonana), ulat kubis (Plutella xylostella L.). Bagian tanaman yang digunakan : adalah daun.

Cara kerja  :
1. Bersifat sebagai insektisida
2. Penghambat makan (antifeedant)
3. Penghambat perkembangan serangga (Growth regulator)

Khasiat lain : Bunga berkhasiat untuk mengatasi: perut kembung, sukar menelan, batuk, pusing dan mempercepat persalinan. Daun berkhasiat untuk mengatasi: memar, bisul, darah haid banyak, bau badan dan diare.


(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Pacar cina (Aglaia odorata Lour.) "

Posting Komentar