-->

Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Tembelekan ( Lantana camara)

Klasifikasi
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa :Solanales
Suku : Varbenaceae
Warga :Lantana
Jenis : Lantana camara L.

Sinonim : Lantana aculeate, L. camaena

Nama umum : Saliara

Nama daerah : Durian Kura, Luyian Beramatai (Kalimantan); Tai ayam (Sunda)

Nama Inggris : Sage, wild sage

Ciri – ciri : Herba, batang berbulu dan berduri serta berukuran lebih kurang 2 cm . Daunnya kasar , beraroma dan berukuran panjang beberapa sentimeter dengan bagian tepi daun yang bergerigi . Bercabang banyak, ranting bentuk segi empat, ada varietas berduri dan ada varietas yang tidak berduri tinggi + 2 m. Terdapat sampai 1.700 m di atas permukaan laut, di tempat panas, banyak dipakai sebagai tanaman pagar, bau khas. Daun tunggal, duduk berhadapan bentuk bulat telur ujung meruncing pinggir bergerigi tulang daun  menyirip, permukaan atas berambut banyak terasa kasar dengan perabaan permukaan bawah berambut jarang. Bunga dalam rangkaian yang bersifat rasemos mempunyai warna putih, merah muda, jingga kuning, dan sebagainya. Buah seperti buah buni berwarna hitam mengkilat bila sudah matang.

Penyebaran : Tumbuhan yang berasal dari Amerika tropis ini bisa ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 1.700 m dpl.

Habitat : Tembelekan ditemukan pada tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari atau agak ternaung.

Kandungan kimia : Senyawa kimia yang terkandung dalam tembelekan antara lain alkaloida, saponin, flavanoida, tanin dan minyak atsiri Bagian tanaman yang digunakan adalah daun.

Cara kerja :
  1. Bersifat sebagai insektisida
  2. Penolak (repellent)

Khasiat lain : Khasiat lain dari tembelekan adalah sebagai obat batuk, obat luka, peluruh air seni, dan obat bengkak

(sumber : Setiawati, R. Murtiningsih, N. Gunaeni, dan T. Rubiati: Tumbuhan Bahan Pestisida Nabati dan Cara Pembuatannya untuk Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), 2008  Balai Penelitian Tanaman Sayuran )


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestisida Nabati, Tembelekan ( Lantana camara)"

Posting Komentar