-->

Radius Nuklir

Seperti radius dari suatu atom, radius suatu inti bukanlah suatu kwantitas [yang] didefinisikan secara tepat; atom maupun nucleus bukanlah lapisan padat dengan batasan-batasan ang kasar. Kedua-Duanya potensial coulomb yang mengikat atom [itu] dan menghasilkan agihan muatan listrik yang terdistribsi ke tak berhingga, walaupun kedua-duanya menjadi negligibly kecil pada jarak yang jauh di luar ruji atom( 10 -10 m). Apa yang diperlukan adalah suatu "definisi operasional" dari apa [yang] kita akan ambil sebagai nilai dari  ruji atom. Sebagai contoh, kita mungkin mendefinisikan ruji atom untuk yang paling besar rata-rata radius [menyangkut] berbagai keadaan elektron yang terdapat di (dalam) suatu atom.Sifat seperti itu akan sangat sukar untuk diukur, dan demikian definisi [yang] lebih praktis digunakan, seperti pengaturan jarak antar[a] atom di (dalam) senyawa ionik berisi atom yang menarikna. Ini juga menyebabkan berbagai kesulitan karena kita memperoleh radius yang berbeda untuk suatu atom ketika atom itu ada di campuran yang berbeda atau di (dalam) keadaan valensi berbeda.

Untuk nucleus, situasi menjadi lebih baik dalam beberapa aspek dan lebih buruk di aspek lain. Kita akan segera mendiskusikan, densitas nucleon dan potensial inti yang mempunyai ketergantungan mengenai ruang serupa- [yang] secara relatif tetap (di) atas jarak pendek di luar yang (mana)  mereka menurun dengan cepat sampai nol. Maka adalah secara relatif alami untuk menandai bentuk Inti dengan dua parameter; rata-rata radius, di mana kepadatan adalah separuh nilai pusat nya, dan" ketebalan kulit," di mana kepadatan menetes jatuh dari dekat [yang] maksimum nya ke dekat [yang] minimum nya.( di (dalam) bagian 5 [dari;ttg] bab ini, kita mendiskusikan sepertiga parameter, yang diperlukan untuk menandai nucleus [yang]  bentuknya  tidaklah berbentuk bola).


Permasalahan [yang] kita hadapi diakibatkan oleh kesukaran di (dalam) menentukan apa yang terdistribusi dari yang gambarkan, radius yang kita ukur tergantung pada macam eksperimen [yang] kita sedang lakukan untuk mengukur bentuk  nuklir. Dalam beberapa eksperimen, seperti high-energy hamburan elektron, mounic X sinar, optik dan pergeseran isotop sinar-X, dan perbedaan energy dari bayangan inti, kita mengukur interaksi coulomb suatu zarah muatan dengan inti [itu]. Eksperimen ini akan kemudian menentukan destribution muatan inti (terutama distribusi satuan listrik positif tetapi juga menyertakan sedikit banyak(nya) distribusi netron, oleh karena struktur internal mereka). Di (dalam) eksperimen lain, seperti Hamburan Rutherford, kebusukan α, dan poinic  sinar-X, kita mengukur interaksi  nuklir yang kuat dari partikel   nuklir, dan kita akan menentukan distribusi nuldeon, yang disebut distribusi nuklir.

0 Response to "Radius Nuklir"

Posting Komentar