-->

Bahan Pembuat Pestiseda Nabati, Baru cina (Artemisia vulgaris Linn.)












Klasifikasi :
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Bangsa :Asterales
Suku : Compositae
Warga :Artemisia
Jenis : Artemisia vulgaris L.

Nama umum : Baru Cina.

Nama daerah : Baru cina (Melayu), Beungkar kucicing (Sunda) Suket gajahan (Jawa Tengah), Kolo (Halmahera) Goro-goro cina (Ternate).

Nama Inggris : Mugwort, common wormwood, felon.

Ciri – ciri : Tumbuhan ini berbentuk semak, menahun, tinggi 30-90 cm. Batang tumbuhan ini  berkayu, bulat, bercabang, putih kotor. Tumbuhan ini mempunyai daun tunggal, tersebar, berbagi menyirip, berbulu, panjang 8-12 cm, lebar 6-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan daun atas hijau, permukaan bawah keputih-putihan. 

Bunga baru cina berbentuk majemuk, bentuk malai di ketiak dan di ujung batang, daun kelopak lima, hijau, benang sari kuning, kepala putik bercabang dua sedangkan buahnya berbentuk kotak, bentuk jarum, kecil, coklat. Biji baru cina berukuran  kecil dan berwarna coklat, sedangkan akarnya tunggang dan berwarna kuning kecoklatan.

Penyebaran : Tumbuhan ini berasal dari Cina.

Habitat : Tumbuh liar di hutan atau ladang, menyukai tanah yang  lembab dan kaya unsur hara. Tumbuh pada daerah dengan ketinggian 500- 3.000 m dpl.

Kandungan kimia : Tumbuhan ini mengandung minyak atsiri, zat pahit artemisin, kuebrakit, tauremisin, sitosterina, adenina, tetrakosanol, ferneol, stigmasterina, amirin, tanin dan resin Bagian tanaman yang digunakan adalah daun dan tangkai.

Cara kerja : Tumbuhan baru cina bersifat sebagai insektisida.

Khasiat lain : Kegunaan lain dari baru cina adalah sebagai obat nyeri haid, obat kuat, obat batuk, obat kejang, obat mulas dan menambah nafsu makan.

Sumber : Tumbuhan Bahan Pestiseda Nabati Dan Cara Pembuatannya Pdf


Artikel Terkait

0 Response to "Bahan Pembuat Pestiseda Nabati, Baru cina (Artemisia vulgaris Linn.) "

Posting Komentar