Jumat, 24 Februari 2012

Morfologi Tanaman Cengkeh














Cengkeh (Eugenia aromatic OK ) atau zyzigium (L) termasuk dalam family myrtaceae. Tanaman ini berbentuk pohon, tingginya dapat mencapai 20 – 30 m, dan dapat berumur lebih dari 100 tahun.

Tajuk tanaman cengkeh umumnya berbentuk kerucut, piramida, atau piramida ganda, dengan batang utama menjulang keatas. Cabang-cabangnya amat banyak dan rapat, daunnya kaku, berwarna hijau atau hijau kemerahan, dan berbentuk elips dengan kedua ujungnya runcing. Daun – daun ini biasanya keluar perperiode. Masing – masing pasan terdiri atas dua daun yang terletak saling berhadapan.

Cengkeh memiliki empat jenis akar, yaitu akar tunggang, akar lateral, akar serabut, dan akar rambut. Akar tunggang dan akar lateral mempunyai ukuran yang relative besar. Bedanya akar tunggang tumbuh lurus kebawah dan sedikit bercabang, sedang akar lateral tumbuh menyamping dan bercabang. Akar serabut berukuran kecil, amat panjang, tumbuh menyamping dan kebawah dengan jumlah yang sangat banyak. Akar serabut ini memiliki akar rambut berukuran sangat kecil yang berfungsi sebagai penyerap air dan unsur hara.


Tanaman cengkeh mulai berbunga pada umur 4.5 – 8.5 tahun, tergantung dari jenis dan lingkungannya. Bunga ini merupakan bunga tunggal, berukuran kecil (panjang 1 – 2 cm), dan tersusun dalam satu tandan dan keluar pada ujung-ujung ranting. Setiap tandan terdiri 2-3 cabang malai yang bias bercabang lagi atau langsung mendukung 2-3 tangkai bunga. Jumlah bunga permalai bias mencapai lebih dari lima belas kuntum.

0 komentar:

Poskan Komentar